Karakteristik dalam pelayanan pelanggan
ü Kesadaran diri, melayani adalah tugas kita
ü Kepercayaan diri, kepercayaan akan
menciptakan rasa hormat
ü Empati, memahami bagaimana pelanggan ingin
diperlakukan.
ü Tempatkan diri Anda di sisi pelanggan
ü Antusias, pelayanan dengan sepenuh hati,
penuh gairah
ü Inisiatif, mengantisipasi kebutuhan
pelanggan dan memiliki banyak ide
ü
Mengesankan,
kesenangan kita dalam membantu akan memberikan dampak bagi pengalaman tamu
ü
Peduli,
perhatian terhadap detail sangat penting
ü
Kooperatif
dukungan tim pasti akan membantu untuk mencapai pelayanan prima.
ü
Bersedia
untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan.
ü
Memberdayakan
penugasan, tepat termasuk kepercayaan dan otoritas
ü
Visi
& meraih kemenangan, layanan pelanggan yang sangat baik akan memberikan
dampak jangka panjang
Selain memiliki karakteristik pelayanan yang baik layanan pelanggan juga
hendaknya melakukan langkah-langkah yang tepat dalam melayani pelanggan adapun
langkah-langkah layanan pelanggan
yang sangat baik diantaranya :
1. Citra yang positif
Citra yang baik sangat dibutuhkan karena pelanggan akan sangat berkesan
pada kesempatan pertama maka buatlah kesan pertama yang baik yang dapat kita
tunjukan melalui penampilan yang rapi, bahasa tubuh, berkomunikasi dengan
bahasa yang baik, sikap professional dan pengetahuan.
2. Memahami kebutuhan pelanggan
Kebutuhan pelanggan dapat kita pahami jika kita mendengarkan dengan baik,
maka jadilah pendengar yang baik. Dari pelanggan mungkin akan ada banyak
kebutuhan yang berbeda, tapi semuanya pasti mengacu pada kebutuhan manusia yang
mendasar.
3. Memenuhi kebutuhan pelanggan
Kepuasan pelanggan akan tercapai jika segala kebutuhan dan harapanya
terpenuhi, jadi pastikanlah kebutuhan pelanggan anda sudah terpenuhi.
4. Pastikan pelanggan setia atau loyal
Hal yang dapat dilakukan untuk membuat pelanggan puas adalah memberikan
mereka layanan terbaik yang dapat kita berikan. Banyak keuntungan yang kita
dapat jika kita memiliki pelanggan yang setia diantaranya mereka akan terus
memilih perusahaan kita untuk memenuhi kebutuhan mereka, menghabiskan banyak
uang mereka untuk kita, dan mempromosikan tentang layanan dan produk kita
kepada orang terdekat mereka.
No comments:
Post a Comment