Monday, March 26, 2012

Karakteristik dalam Customer Service



Karakteristik dalam pelayanan pelanggan

ü  Kesadaran diri, melayani adalah tugas kita
ü  Kepercayaan diri, kepercayaan akan menciptakan rasa hormat
ü  Empati, memahami bagaimana pelanggan ingin diperlakukan.
ü  Tempatkan diri Anda di sisi pelanggan
ü  Antusias, pelayanan dengan sepenuh hati, penuh gairah
ü  Inisiatif, mengantisipasi kebutuhan pelanggan dan memiliki banyak ide
ü  Mengesankan, kesenangan kita dalam membantu akan memberikan dampak bagi pengalaman tamu
ü  Peduli, perhatian terhadap detail sangat penting
ü  Kooperatif dukungan tim pasti akan membantu untuk mencapai pelayanan prima.
ü  Bersedia untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan.                      
ü  Memberdayakan penugasan, tepat termasuk kepercayaan dan otoritas
ü  Visi & meraih kemenangan, layanan pelanggan yang sangat baik akan memberikan dampak jangka panjang
Selain memiliki karakteristik pelayanan yang baik layanan pelanggan juga hendaknya melakukan langkah-langkah yang tepat dalam melayani pelanggan adapun langkah-langkah layanan pelanggan yang sangat baik diantaranya :
1.      Citra yang positif
Citra yang baik sangat dibutuhkan karena pelanggan akan sangat berkesan pada kesempatan pertama maka buatlah kesan pertama yang baik yang dapat kita tunjukan melalui penampilan yang rapi, bahasa tubuh, berkomunikasi dengan bahasa yang baik, sikap professional dan pengetahuan.
2.      Memahami kebutuhan pelanggan
Kebutuhan pelanggan dapat kita pahami jika kita mendengarkan dengan baik, maka jadilah pendengar yang baik. Dari pelanggan mungkin akan ada banyak kebutuhan yang berbeda, tapi semuanya pasti mengacu pada kebutuhan manusia yang mendasar.
3.      Memenuhi kebutuhan pelanggan
Kepuasan pelanggan akan tercapai jika segala kebutuhan dan harapanya terpenuhi, jadi pastikanlah kebutuhan pelanggan anda sudah terpenuhi.
4.      Pastikan pelanggan setia atau loyal
Hal yang dapat dilakukan untuk membuat pelanggan puas adalah memberikan mereka layanan terbaik yang dapat kita berikan. Banyak keuntungan yang kita dapat jika kita memiliki pelanggan yang setia diantaranya mereka akan terus memilih perusahaan kita untuk memenuhi kebutuhan mereka, menghabiskan banyak uang mereka untuk kita, dan mempromosikan tentang layanan dan produk kita kepada orang  terdekat mereka.

No comments:

Post a Comment