Tugas dan Fungsi Customer Service
Dalam
perkembangannya, fungsi customer service
memang semakin lama semakin penting.
Apalagi dengan semakin tingginya persaingan dan keinginan pelanggan yang
semakin sulit terpuaskan, maka pekerjaan customer service pun
semakin lama semakin tidak ringan.
Tugas
utama customer service adalah memberikan
pelayanan dan membina hubungan baik dengan masyarakat, sehingga harus ditekuni
dengan penuh kemampuan, kecekatan dan kesabaran. Seorang customer service juga harus bertanggungjawab dari awal sampai
selesainya suatu pelayanan.
Customer
Service dapat juga berfungsi sebagai :
1.
Penerima Tamu
Dalam
hal ini Customer Service melayani pertanyaan
yang diajukan tamu dan memberikan informasi yang diinginkan selengkap mungkin
dengan ramah, sopan, menarik dan menyenangkan. Harus selalu memberikan
perhatian , bicara dengan suara lembut dan jelas, menggunakan bahasa yang mudah
dimengerti.
2.
Customer Relation Office
Artinya
bahwa Customer Service adalah orang yang
dapat membina hubungan baik dengan seluruh tamunya.sehingga merasa senang, puas
dan makin percaya. Customer Service harus menyiapkan brosur dan formulir-formulir
untuk tamu, ikut membantu mengisi formulir.
3.
Komunikator
Dengan
cara memberikan segala informasi dan kemudahan-kemudahan kepada tamunya, juga
sebagai tempat menampung keluhan, keberatan atau tempat konsultasi.
jadi tugas dan fungsi cutomer service adalah penting bagi perusahaan terkait.
No comments:
Post a Comment