Monday, March 26, 2012

Tugas dan Fungsi Customer Service



Tugas dan Fungsi Customer Service 

Dalam perkembangannya, fungsi customer service   memang semakin lama semakin pen­ting. Apalagi dengan semakin tingginya persaingan dan ke­inginan pelanggan yang semakin sulit terpuaskan, maka pekerjaan customer service   pun semakin lama se­makin tidak ringan.
Tugas utama customer service  adalah memberikan pelayanan dan membina hubungan baik dengan masyarakat, sehingga harus ditekuni dengan penuh kemampuan, kecekatan dan kesabaran. Seorang customer service  juga harus bertanggungjawab dari awal sampai selesainya suatu pelayanan.
Customer Service  dapat juga berfungsi sebagai :
1. Penerima Tamu
Dalam hal ini Customer Service  melayani pertanyaan yang diajukan tamu dan memberikan informasi yang diinginkan selengkap mungkin dengan ramah, sopan, menarik dan menyenangkan. Harus selalu memberikan perhatian , bicara dengan suara lembut dan jelas, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
2. Customer Relation Office
Artinya bahwa Customer Service  adalah orang yang dapat membina hubungan baik dengan seluruh tamunya.sehingga merasa senang, puas dan makin percaya. Customer Service  harus menyiapkan brosur dan formulir-formulir untuk tamu, ikut membantu mengisi formulir.
3. Komunikator
Dengan cara memberikan segala informasi dan kemudahan-kemudahan kepada tamunya, juga sebagai tempat menampung keluhan, keberatan atau tempat konsultasi.

jadi tugas dan fungsi cutomer service adalah penting bagi perusahaan terkait.

No comments:

Post a Comment