Wednesday, June 20, 2012

Costumer Service dan Emosi

Emosi merupakan berbagai macam perasaan yang dapat timbul dari dalam diri kita. Emosi biasanya dibagi menjadi dua yaitu positif dan negatif. Jika memang yang sering melanda adalah emosi yang positif maka anda termasuk orang yang beruntung dengan hidup anda yang nyaman, namun lain halnya jika emosi yang muncul merupakan emosi negatif yang disebabkan oleh banyak faktor yang berasal dari lingkungan kita maka kita akan semakin menderita, rentan terhadap guncangan.

Dalam costumer service kita selalu mengalami kontak langsung dengan pelanggan kita yang manusia juga. hal ini sangat rentan terhadap gejolak emosi yang ada dalam diri kita. Hal ini dikarenakan hampir 50% pelanggan yang menemui bagian costumer service memiliki kepentingan yang setidaknya akan membebani kita, sehingga beban mereka dapat teratasi.
Seharusnya seorang customerservice memiliki kendali emosi yang baik agar tidak terjadi letupan-letupan emosi negatif dalam diri kita dan menyebabkan pelanggan  semakin geregetan. Kemampuan untuk mengatur emosi ini dapat dipelajari seiring pengalaman. semakin sering melatih semakin handal juga kemampuan itu. Bila perlu sempatkan untuk berlatih yoga atau meditasi demi kelancaran hidup dan pekerjaan anda.
tulisan yang sedikit ngawur tapi mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda semua.

No comments:

Post a Comment