Friday, April 20, 2012

Delapan Peraturan dalam Customer Service yang Baik

Delapan Peraturan dalam Customer Service yang Baik
Dalam memberikan layanan pelanggan ada delapan peraturan pokok yang seharusnya dipenuhi untuk memberikan pelayanan yang menawan bagi pelanggan anda. tentunya kualitas pelayanan sangat penting bagi perusahaan untuk menampilkan citranya di mata pelanggan. mari kita lihat apa yang seharusnya dilakuakan oleh seorang cotumer service : 
  1. Jawab setiap pangilan masuk, yang dimaksud disini tentunya setiap panggilan yang dilakukan oleh pihak internal atau exsternal seharusnya dijawab agar mereka tidak terlalu lama menunggu untuk mendapatkan informasi atau kepastian. Seharusnya panggilan dianggkat tidak lebi dari deringan yang ke-3
  2. Jangan membuat janji kecuali anda akan benar-benar menepatinya, kekeceweaan yang dirasakan oleh setiap orang yang diberikan janji namun tidak dipenuhi merupakan hal yang akan menghancurkan setiap usaha jangka panjang, maka jangan sekali-kali membuat janji palsu kepada siapapun selamanya.
  3. Dengarkan pelanggan anda, setiap pelanggan  yang ingin menyampaikan pesan atau bertanya tentunya memerlukan perhatian, maka dengarkanlah dengan baik-baik setiap kata yang disampaikan oleh pelanggan anda. Jangan sekai-kali bicara saat mereka berbicara.
  4. Tangani keluahan, keluhan ini bagaikan racun-racun kecil yang jika dibiarkan akan membunuh kita. Selesaikan setiap keluhan dari pelanggan anda sebelum anda di pecat oleh mereka.
  5. Sikap ingin membantu, dalam pekerjaan melayani ini jadilah seseorang yang ingin membantu karena melayani adalah seseorang yang membantu orang dalam menyediakan sesuat.
  6. Sopan dan berpengetahuan, kesopanan adalah sebuah tanda penghormatan bagi lawan bicara dan pengetahuan menunjukan profesionalitas dalam bekerja.
  7. Berikan langkah lanjutan, apa yang dimaksud dengan langkah lanjutan disini adalah setelah memberikan pelayanan apapun pastikan lagi untuk menanakan apakah ada lagi yang bisa dibantu. Memang terlihat kecil tapi bagi pelanggan bermakna besar.
  8. Berikan sesuatu yang ekstra, apa saja yang kira-kira pelanggan anda perlukan untuk kedepannya, discount atau voucher yang menambah kepercayaan pelanggan kepada kita.
Itulah delapan langakah yang membuat anda memberikan pelayanan menawan bagi pelanggan anda. sangat mudah bukan ? tapi berpengaruh besar. sekian untuk artikel hari ini semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke blog saya.

inspirasi dari tulisan saya ini dari about.com

No comments:

Post a Comment