Friday, May 18, 2012

Service Recovery Paradox




Dalam posting kali ini saya akan membahas apa yang dimaksud dengan service recovery paradox. Apa pengertiannya dilihat dari gambar diatas maka dapat dilihat bahwa terdapat perbandingan antara alur suatu layanan yang mengikuti jalur layanan normal dan layanan yang tidak sesuai jalur atau mengalami kegagalan disalah satu prosesnya namun dapat ditindak dengan langkah yang benar maka akan dapat memberikan kepuasan bagi penikmat jasa layanan.

Hal ini biasanya dimanfaatkan oleh pengusaha yang jeli untuk dapat menarik perhatian dan menaikan taraf kepuasan pelanggan yang memakai produk atau jasa mereka. salah satu contoh nyatanya sudah mulai diterapkan oleh beberapa depot isi ulang air minum kemasan dengan tambahan jasa pesan antar. disini mereka membuat suatu moto yang seolah olah akan sangat menguntungkan pealanggan bila dari  pihak mereka melakukan kesalahan. dimana motonya seperti ini "Air anda telat lima menit maka itu Gratis". maka dibuatlah suatu skenario yang sengaja mengantar air dengan waktu lebih dari moto mereka dan memberikan air itu secara cuma-cuma dari sanalah tercipta kepercayaan dan kepuasan pada pelanggan yang memakai Layanan mereka bahkan mereke mungkin akan merekomendasikan hal tersebut kepada kerabat mereka.

Jadi tidak semua kesalahan di dunia ini selalu memberikan dampak negatif. semua hal selalu memiliki dua sudut pandang yang berbeda tergantung darimana dan cara anda memandang hal tersebut.

No comments:

Post a Comment