Friday, June 8, 2012

Pengertian Kompensasi


Adapun pengertian mengenai kompensasi yang telah diungkapkan oleh para pakar dalam beberapa literatur, antaralain :
1.      Menurut Moh. Agus tulus (1995:141) Kompensasi atau balas jaa didefinisikan sebagai pemberian penghargaan langsung maupun tidak langsung, finansial maupun non-finansial yang adil dan layak kepada karyawan atas sumbangan mereka dalam pencapain tujuan organisasi.
2.      Menurut I Gusti Ngurah Gorda (2004:190) Kompensasi adalah seluruh balas jasa baik berupa uang, barang, maupun kenikmatan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan atas kinerja yang disumbangkan kepada perusahaan.
3.      Menurut Hasibuan (2007:118) kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung, atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan jasa yang diberikan kepada perusahaan.
Selain itu dalam buku Malayu S.P. Hasibuan (2007:119) terdapat beberapa pengertian kompensasi dari beberapa tokoh, yaitu :
1.      Menurut William B. Werther dan Keith Davis kompensasi adalah apa yang seorang pekerja terima sebagai balasan dari pekerjaan yang diberikannya.Baik upah per jam ataupun gaji periodic didesain dan dikelola oleh bagian personalia.
2.      Menurut Andrew F. Sikula kompensasi adalah segala sesuatu yang dikonstitusikan atau dianggap segai suatu balas jasa atau ekuivalen.

Sebenarnya masih banyak lagi pengertian tentang kompensasi.

No comments:

Post a Comment